Senin, 15 Desember 2014

3.145 m

Bagi gue, ini merupakan pengalaman pertama gue hiking. Ya, emang gue udah pernah hiking sebelum-sebelumnya, bentar gue inget-inget, barusan deh gue hiking ke gunung muria, gue sampe atas... tapi naik motor, keitung hiking kaga? mwehwheehwehhe.

Dan parahnya, sebelum hiking ada acara lagi.... sama brimob. Tepatnya duo brimob langganan sekolah gue, duet maut, Supri dan Mahfud. Gak kalah deh sama sinta dan jojo.



Intinya kita tiap pagi kudu lari pagi, ngapain lah, lompat-lompat gak jelas. Hasilnya ? gak parah amat sih, kaki gue eight-pack (biasanya kalo abis digambarin pake spidol). Hingga akhirnya waktu berlalu, tak menghiraukan derasnya angin malam yang menghantam pori-pori kulit. Sampe akhirnya datang dimana hari diadakan persiapan.

Persiapan waktu itu diadakan abis solat ashar. Tiba-tiba dateng orang yang gak asing, yaitu pak heri. Dia adalah orang yang akan memimpin kita buat hiking ke Merbabu besok. Dia didepan kita njelasin-njelasin gitu tentang ndaki yang benar, kalo naik harus bawa tas, kalo sikatan gak boleh pake sikat wc #yaiyalah mwwehwehwhe. Setelah basa-basi gitu gak jelas, gue juga udah bosen ndengerin karena gitu-gitu doang. Tiba-tiba aja dia cerita aneh. Dia cerita : "Saya itu paling suka sama Naruto, karena dia itu memiliki semangat yang tinggi!", Sumpah, dia ngomong dengan berapi-api, kayak bung tomo waktu kebelet perang. Setelah kata-kata itu terucap, semua hening. Hening. Yang ada dibenak gue cuma satu, pak elu bahas-bahas tentang gunung-gunung, kok tiba-tiba nyambung ke ninja, apa dia berharap kalo dia abis ngomong kalo suka naruto, gue bakal jawab : " WOW GILA PAK! SAYA JUGA! sama temennya NARUTO PAK! duh siapa sih pak, sinchan ya?.." atau "GAK PAK, SASUKE LEBIH KEREN, KUMISNYA CURLY!!"

Setelah bosen mendengarkan penjelasan-penjelasan oleh pak naruto, eh maksutnya pak heri, kita dipersilakan untuk pulang. Berlanjut di beberapa hari kemudian. Kegiatan dilakukan seperti biasa, kita bangun pagi-pagi, duo brimob alay ini muncul di kamar, dan memaksa mata ini untuk melek lebih cepat dari biasanya. Yah intinya kek gitu lah, berming-gu-minggu isinya cuman lari pagi, olahraga, gitu doang.

Hingga akhirnya datang hari yang kita tunggu-tunggu. Bukan, bukan hari akhir (baca : kiamat), tapi adalah hari dimana kita akan mendaki gunung  merbabu yang menjulang tinggi di daratan jawa ini hihihi. Gue jadi flashback ke pengalaman-pengalaman mendaki gunung gue, terakhir gue ndaki gunung adalah Gunung Merapi Purba yang mungkin tingginya setara dengan tinggi bukit, dan apa yang terjadi diwaktu itu? gue udah mau semaput waktu mau nyampe puncak, tapi akhirnya gue juga sampe puncak duong.

Udah, kembali ke topik lagi. Setelah latihan pagi-pagi rutin, dan pagi yang buruk bersama duo brimob alay itu, akhirnya tiba dimana hari pendakian datang. Seperti biasa, gue menanggapi persiapan dengan sante, selow, kalem, cool, dan alay (?). Gue emang kreatif (kere dan aktif), gak seperti teman teman yang lain, gue beda, gini :

1). Yang lain nyari tas carrier, gue tidur. Bangun-bangun gue dapet hikmah yaitu pinjem tas temen. Yaudah gue pinjem tas nya risky, ya gak tas carrier sih, tapi buat ngelempar maling juga bisa *loh wkkw. (duit keluar : 0 rupiah)

2). Yang lain pada nyari sepatu, gue mikir. Ngapain make sepatu hiking kalo ada kamu, iya kamu *nunjuk sepatu basket gue*. Oiya, sepatu basket gue jadi multifungsi, bisa buat basketan, hiking, ngedate, ngarit juga bisa.

3). Yang lain pada nyari jaket, kaos kaki, sarung tangan, apaan lah pokoknya yg anget-anget, gue mikir lagi.... Jaket udah punya, kaos kaki udah, sarung tangan? gausah, tangan gue kuat kok :") mewhehwhewhehe.

4). Yang lain pada nyari jati diri masing-masing, gue masi disini, memiiliki prinsip yang teguh #halah #opo iki

5). Yang lain pada maling duit, gue... maling hati kamu aja ya #udah ngelantur mweweweehhehe

Setelah mencentang-centang persiapan yang akan dibawa, akhirnya sholat jum'at dulu, setelah itu kita semua kembali  ke sekolah dan mengadakan ikrar siang. Hawanya waktu itu agak mendung, mau ujan, tapi gak ujan, hawa-hawa PHP-nya ujan tuh. Ternyata ada pendamping lain, gue kira cuma sensei heri uzumaki doang, ternyata dia bawa follower-follower-nya.

Lalu kita semua dijelasin lagi untuk yang kesekian kalinya, dan gue bosen. Hingga akhirnya berakhir kata-kata terakhir dari bu lilik, kita pun masuk ke bis masing-masing. Dan mengarungi jalanan kota Yogyakarta - Boyolali ini bersama.

Gak kerasa udah beberapa jam berlalu, dan pemandangan di luar udah ganti gitu aja, udah ganti gunung merapi. Sampe di sana, kita sholat dulu, lalu naik mobil brondol untuk menuju pos pendakian. Karena terlalu lama menunggu, akhirnya kita baru berangkat mendaki ketika hari udah gelap, tepatnya abis isya.

Hal pertama waktu ndaki : Pertama semangat

Hal kedua (biasanya 15 menit kemudian) : Udah mulai luntur semangatnya 

Hal ketiga (biasanya satu 30menit) : Mulai pada duduk-duduk manis istirahat

Dan emang, kita mendaki dari bawah sampe pos 1 gitu aja modelnya, semangat, mulai capek, semaput mwehwhehe. Untung kita kompak, jadi kita saling care satu sama lain. Dan gue, dikelompok bertugas menjadi PMI yang tidak lain bekerja menolong orang-orang yang sakit, padahal gue gak bawa obat-obat-an apapun, jadi gue ngobatinnya pake doa, sapa tau mujarab  wakakakka. Dan sepanjang perjalanan, gue di teriak-teriakin sama anak buah kurang ajar gue di kelompok, "PMI GEMBLONG, PMI GEMBLONG!! hahahhaa" itu mungkin salah satu tanda mereka nge-fans PMI yang satu ini (baca : gue).

Terkadang, emang capek banget ndaki, atau kaki udah capek jalan molo, tapi entah itu semua bisa luntur karena satu alasan. Gue ngeliat pelangi. Indah. Iya, walaupun itu malem hari. Seakan gue jadi ringan lagi, mungkin ini alternatif dari sumber energi? mungkin :)

Sampai di POS 3. Bencana-bencana mulai terjadi, rintangan mulai bermunculan. Hal yang paling menyebalkan adalah... tanjakannya. Sumpah, disini tanjakannya kaayak setan, udah gak jelas, nanjak banget, banyak debu-nya, haduh.. tapi kalo dari bawah difoto, mungkin udah kayak film 5cm, bedanya ini aktornya gajelas kwkkw.

Tidak sampai disitu doang. ternyata yang cewe-cewe pada bawa barang yang berat-berat, mungkin mereka mau pergi ke taman bukan hiking *piss kwkw. Lalu, yang laki-laki pada mbantuin, ya biasa, mereka ada yg modus juga, duh--a. Setelah melewati tanjakan itu, gue tambah semangat lagi, soalnya di POS 4 kita bakal bisa istirahat, dan mendirikan tenda. Dengan semangat 45 + baakal makan mie gue melaju kencang hingga akhirnya sampai di POS 4.

Dannn, kelompok kita sampe dulu di POS 4, emang deh, yang bikin capek itu ternyata Merbabu punya banyak puncak semu, apa gak capek kita di PHP-in gunung berkali-kali wkwk. POS 4 merupakan landasan buat camp, dan hawanya waktu itu : DINGIN REK! dingin bangett, saking dinginnya tangan gue gak ada rasanya, mati rasa. Gue yang semula mau makan, membatalkan semua itu, gue kedinginan, gue gakbisa ngapa-ngapain, akhirnya gue masuk ke tenda.

Sumpah, kayaknya gue waktu itu kena penyakit kedinginan di gunung, atau apalah itu lupa namanya wkkw. Gue menggunakan semua pakaian yang ada, sarung, celana, apalah, karena celana gue udah gue pake, jadi celana pendek gue taruh di kepala, itung-itung ganti nya topi anget wkkw.

Malem itu gue kedinginan, tidur gaknyenyak, terlintas kenangan-kenangan indah dimasa kecil, masa indah kehhidupan.... *ini kok kayak orang mau mati ya*

Tapi akhrnya gue bisa tidur, gara-gara dipinjemin selimut sama kelompok gue. Untung ga mati gue--a. Alhamdulillah masi idup.

Bangun pagi, gue ngeliat sunrise (dengan keadaan masi menggigil). Ternyata sunrise indah ya, gak kalah sama pelangi..... Lalu dilanjutkan dengan sesi masak-masak-an. Kelompok gue paling banyak bawa makanan, tapi kita semua tenang karena semua barang makanan dibawa bos nopaludin atau nopal londry. Kasian banget idupmu pal. mwehwwhewhe.

Kenyang dan anget. 2 rasa yang kita rasakan setelah makan dan nambah berkali-kali. Kita melanjutkan hiking, kali ini menuju puncak (dan ini lebih berat). Kita berangkat agak telatan, karena kebanyakan makan-makan, sedangkan kelompok cewe duluan, karena... mungkin mereka diet *soktau wkkw.

Kali ini perjalanan lebih berat dan panas. Tapi, semuanya kita lakukan dengan semangat, kita lebih sering istirahat, karena emang terjal dan ndaki banget sih. Butuh eskalator mewhehe. POS 5 udah selesai, oiya, POS 5 lebih mirip dengan tempat adegan-adegan film INDIA, ntar yang ceewe lari ke padang savana... cowonya ngejar-ngejar... cewenya trus dimakan singa... cowonya lari.... tamat.

Ditengah perjalanan antara puncak dan bawah dikit puncak, gue mulai frustasi... Kaki gue pegel banget, jadi gue memutuskan jalan-istirahat-jalan-istirahat. Dengan teori itu, kita bisa lebih menghemat air dan cadangan makanan, tetapi menggunakan waktu yang berlebih, hingga menghasilkan konsentrasi tinggi asam hidrat *sampe mana ini? --a

Tapakan kaki gue terakhir. Gue teriak. Indonesia, aku  datang. Hening semua. Tapi gue akhrnya sampe, di puncak ini! 3145 MDPL :) Dan kita foto-foto seperti biasa. Diatas ada pelangi, pelangi yang memberi semangat atas perjuangan hiking hari itu. Pelangi indah.

Setelah foto-foto dan berjemur (panas banget di puncak) kita akhirnya langsung lompat. Maksudnnya turun mwehehwe, kalo lompat mah mati cuy. Gue lari aja, karenna pengen cepet-cepet istirahat dibawah.

Diperjalanan pulang, karena landasan turunnya landai, dateng pak heri lagi. Dia mengajarkan cara turunnya yang bener. Gue sama haedar bercanda-canda. "oi dar, gini lho caranya turun. Kaki satu di depan, satu dibelakang, fokuskan cakra mu! Semangat naruto! wkwkwk'' Setelah itu, gue ketawa-tawa dan jatuh. Muungkin karena kualat wkwk

Yah, inilah kisah hiking pertama gue. Hiking sensasional. Merbabu. 3145 MDPL. Indonesia

Dan gue berharap, pelangi itu tidak pernah menghilang :}